Review Jurnal PENILAIAN USABILITAS UNTUK SITUS e-COMMERCE (STUDI KASUS SITUS www.lazada.co.id dan www.mataharimall.com)
REVIEW JURNAL
Judul :
PENILAIAN USABILITAS UNTUK SITUS e-COMMERCE (STUDI KASUS SITUS www.lazada.co.id dan www.mataharimall.com)
Tahun :
2017
Penulis : Dian Palupi Restuputri
Jurnal
: Teknik Industri
Volume
: Vol. 12, No. 2, Mei 2017
Reviewer
: Citra Ayu Wardhani
Tanggal
: 8 Oktober 2017
I.
Pendahuluan
Kemudahan untuk
membeli pada situs online merupakan kunci untuk menarik konsumen, ditambah lagi
dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih.
Harga yang terbilang murah juga semakin membuat daya beli melalui situs E-commerce makin menjanjikan. Usabilitas
merupakan syarat dari suatu situs E-commerce.
Usabilitas yaitu kemudahan mempelajari sistem dan dalam hal ini adalah alat
bantu pengguna untuk memudahkan dalam akses situs E-commerce. Indonesia juga memanfaatkan hal ini, contoh situs E-commerce yaitu Lazada dan
MatahariMall.com. Hal yang menjadi perbedaan antara kedua situs tersebut yaitu
sistem yang diterapkan, Lazada menggunakan sistem B2C (business to customer) sedangkan MatahariMall.com menggunakan sistem
“O2O” (Online-to-Offline dan Offline-to-Online).
Penilaian usabiitas menggunakan model UWIS (Usabilitiy Assesment and Design of Web-Based Information System),
dimensi yang ditambahkan mengenai model tersebut adalah kepuasan, keamanan dan
fasilitas, universality, dan indikator waktu serta mengurangi dimensi controllabiity dan integration
of communication.
II.
Metodologi
Penelitian
Pengambilan data dari 30 responden dengan cara mengoperasikan situs E-commerce dan pelaksanaannya yaitu within-within subect design¸ yaitu
responden melakukan hal yang sama pada tiap sistem pembelian barang online yang diujikan. Pelaksaan lain
yang diiterapkan yaitu teknik counterbalancing
dengan metode Latin Square, teknik dengan membedakan urutan pengerjaan antar
responden dengan memberikan waktu jeda agar bisa beristirahat. Teknik tersebut
sangat dibutuhkan karena setiap E-commerce
yang diujikan memiliki pernyataan item yang sama
a)
Uji
validitas
Validitas instrumen untuk mengetahui
item data yang valid, jika tidak valid makan langsung dibuang dan menggunakan
analisis korelasi person (nilai signifikan < 0,05 ; valid).
b)
Uji
reliabilitas
Reliabilitas instrumen untuk
mengetahui kehandalan alat ukur dengan menggunakan Alpha Cronbanch (nilai Alpha Cronbach >0,60 ; reliabel)
c)
Pembentukan
Faktor
Analisa faktor untuk menganalisis
hubunngan antara variabel dan menjelaskannya berdasarkan dimensi umumnya. Hal tersebut
digambarnya dalam matriks korelasi (koefisien korelasi). Semakin kuat
korelasinya maka nilainya akan mendekati 1 (menunjukkan hubunga linear
sempurna). Terdapat juga nilai Kaiser
Meyer Olkin Measure of Sampling (KMO), yaitu indek perbandingan jarak
antara koefisien korelasi dengan koefisien korelasi parsialnya serta dianggap
cukup dan dapat digunakan apabila melebihi dari 0,5.
III.
Pengukuran
efektivitas
Pembentukan indeks LeVIS (Learner’s Value Index of Satisfaction) digunakan
untuk mengukur tingkat efektivitas situs E-commerce.
Persamaannya adalah indeks performansi (IP) yang berupa multiplikatif nilai
(value) dan kepuasan (satisfaction). Skala yang digunakan
untuk nilai (value) dan kepuasan (satisfaction) adalah 1-5, sementara indeks
performansi (IP) mempunyai nilai antara 0-1 dan semakin tinggi apabila
mendekati 1.
IV.
Hasil
Pengujian validitas menggunakan jenis data berupa data
tingkat kepentingan reponden terhadap situs lazada
dan matahari, data kepuasan responden
situs lazada, dan data kepuasan responden situs matahari hasilnya adalah valid
karena nilai korelasiya lebih besar dari 0,30. Sementara nilai alpha cronbach untuk semua variabel
(dimensi) adalah lebih besar dari 0,6 yang berarti reliabel. Terdapat 9
variabel yang diujikan dalam penelitian ini, namun hanya variabel 1-7 yang
mengunakan analisis faktor konfimatori (CFA) dan variabel 8-9 tidak karena
hanya terdiri dari satu item. Sehingga CFA dilaukan pada ketiga sub data, yaitu
data tingkat kepentingan reponden terhadap situs lazada dan matahari, data
kepuasan responden situs lazada, dan data kepuasan responden. CFA menggunakan
nilai KMO akan memenuhi syarat apabila bernilai diatas 0,5 dan hasilnya syarat
terpenuhi. Frekuensi niali eigen untuk
mengetahui seberapa banyak faktornya, pada dimensi Bantuan (X1), Kualitas
Informasi (X3), Jaminan dan Kontrak Perusahaan (X6), Keamanan dan Fasilitas
(X7) nilai eigennya > 1 dan hanya terdapat satu komponen sehingga signifikan
diukur oleh masing-masing item pembentuknya; sementara Kepuasan (X2),
Kehandalan (X4), dan Navigasi (X5) memiliki nilai eigen > 1 namun dua
komponen sehingga perlu analisis CFA ulang dengan mengeliminasi item yang nilai
loading factor terkecil yaitu X4, X14, dan X15. Hasilnya frekuensi nilai eigen >
1 dan hanya satu komponen sehingga dimensi Kepuasan (X2) signifikan diukur oleh
X5,X6, dan X7, dimensi Kehandalan (X4) signifikan diukur oleh X12, X12, dan
X13, serta Navigasi (X5) signifikan diukur oleh X16, X17, dan X18.
CFA pada tingkat kepuasan di situs lazada maupun matahari
menunjukkan bahwa KMO untuk tingkat kepuasan semua dimensi memenuhi syarat
karena diatas 0,5. Nilai eigen juga menunjukkan > 1 untuk dimensi dari X1 - X7
dengan satu komponen sehingga faktor
yang terbentuk 1 (konfirmasi), artinya semua dimensi (X1 – X7) signifikan diukur
oleh masing-masing item pembentuknya dan item X4, X14, dan X15 gugur
berdasarkan hasil analisis CFA tingkat
kepentingan responden.
Perhitungan nilai IP (Indeks Performansi) untuk
masing-masing dimensi sehingga dapat ditemukan grafik efektivitas dan letak
posisi dimensinya. Situs lazada maupun matahari ditemukan variabel X1, X2, X3,
X4, X6, X7, X8 di kuadran I yang artinya perlu dilakukan perbaikan sementara
variabel X5 dan X9 di kuadran IV artinya
tidak perlu perbaikan karea dinilai tidak penting atau tidak puas.
Uji t untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan antara
situs lazada dengan matahari dengan syarat nilai signifikasi > 0,05 dan
memiliki nilai eigen > 1 serta hanya terdapat satu komponen dan hasilnya
tingkat kepuasan yang dirasakan responden untuk kedua situs terebut adalah
sama.
V.
Kesimpulan
Uji validitas dan reliablitas berdasarkan item pada tiga
jenis data yaitu tingkat kepuasan responden secara umum maupun pada lazada dan
matahari telah valid dan reliabel.
Hasil CFA
didapatkan hasil bahwa dimensi Bantuan (X1), Kepuaan (X2), Kualitas Informasi (X3),
Kehandalan (X4), Navigasi (X5), Jaminan dan Kontrak Perusahaan (X6) dan
Keamanan dan Fasilitas (X7) signifikan diukur oleh setiap item pembentuknya
sedangkan item X4, X14, dan X15 gugur berdasarkan hasil pada analisis CFA
tingkat kepentingan responden.
Variabel yang perlu dilakukan perbaikan dari situs lazada
maupun matahri adalah variabel Bantuan (X1), Kepuasan (X2), Kualitas Informasi
(X3), Kehandalan (X4), Jaminan dan Kontrak Perusahaan (X6), Keamanan dan
Fasilitas (X7), dan Universality (X8). Sedangkan variabel Navigasi (X5) dan
Indikator Waktu (X9) tidak perlu dilakukan tindakan perbaikan karena berada di
kuadran ke empat yang artinya dinilai tidak penting maupun tidak puas. Uji t dari
hasil nilai signifikasi yang didasarkan dari kesembilan variabel penelitian
bahwa responden mempunyai tingkat kepuasan yang sama antara lazada maupun
matahari.
Komentar
Posting Komentar